Minggu, 06 Juni 2010

Menyalakan Power Supply Tanpa Lewat Motherboard

Pada zaman power supply AT, pengecekan status power dari power supply tidaklah sulit. Anda cukup menekan tombol yang sudah terintegrasi sebagai bawaan power supply, selesailah sudah. Tinggal pengecekan kekuatan power terhadap CPU-nya.

Namun, sejak munculnya power supply ATX hal itu tidak bisa dilakukan lagi. Karena power up dari power supply tersebut langsung menggunakan pin power-sw (power switch) yang terdapat di motherboard, seperti gambar berikut :


Ujung kabel power-sw tersebut merupakan konektor yang akan menyalakan power supply melewat Pin power-sw di motherboard.

Berikut ini adalah gambar perbedaan power supply AT dan ATX :


Kemudian, bagaimana cara menyalakan power supply tanpa lewat motherboard ?. Ternyata caranya cukup mudah, anda harus menyambungkan penghantar listrik (kawat, timah, kabel, dll) ke lubang kabel hijau dan hitam.

Lubang kabel hitam jumlahnya lebih dari satu, anda diperbolehkan memilih salah satunya. Perhatikan gambar berikut :


Pada gambar tersebut, penghantar listrik yang saya gunakan adalah seutas kabel yang masing-masing ujungnya telah dikupas.

2 komentar:

  1. http://lh4.ggpht.com/_RVpTV2JOOxA/Szuh0FKEiVI/AAAAAAAABd8/nSfh5WSOajI/s128/t4belajarblogger39.http://lh3.ggpht.com/_RVpTV2JOOxA/Szuiq50sC8I/AAAAAAAABeE/anUz0mmKHuU/s128/t4belajarblogger41.gifgif

    BalasHapus
  2. gan....saya mau tanya nich,,,,masalah power supplay,yang di jumper,setelah saya melakukan penjumperan,pada saat di nyalakan tetep ngga mau hidup power supplynya malah listrik di rumah saya malah turun alias ngejepret meternya,,mohon penjelasanya,,terima kasih,

    BalasHapus