Jumat, 28 Mei 2010

Sudah Amankah Afsel?


Johannesburg - Seperti ingin menegaskan bahwa gelaran Piala Dunia bakal aman, pihak aparat bergerak cepat membekuk oknum yang tega-teganya mengambil barang-barang milik timnas Kolombia yang sedang dijamu Afrika Selatan.

Aspek keamanan jadi sorotan penting di Piala Dunia 2010. Alasannya, Afrika Selatan memang dikenal punya tingkat kriminalitas yang cukup tinggi.

Pihak penyelenggara jelas tak mau hal semacam itu jadi kendala dalam perhelatan akbar semacam Piala Dunia. Apesnya, ada saja yang mengambil kesempatan dalam kesempitan dan mencoreng muka negaranya sendiri.

Tengok saja sepak terjang dua pegawai Hotel Hyde Park Southern Sun, sebuah hotel bintang lima yang terletak di Johannesburg. Keduanya didakwa telah menilep setidaknya 21 ribu rand (Rp 25 juta) dari timnas Kolombia yang sedang menginap di hotel tersebut.

Aksi itu sendiri dilakukan menjelang laga persahabatan antara Afrika Selatan menjamu Kolombia, yang berakhir Jumat (28/5/2010) dinihari WIB tadi. Maka tak ayal pihak tuan rumah pun seperti malu dua kali.

Alhasil pihak keamanan langsung bergerak cepat mengusut insiden memalukan tersebut demi segera memperbaiki citra. Para pelaku pun sudah dibekuk dan langsung dibawa ke meja hijau, sebagaimana keterangan surat kabar The Times yang dikutip Reuters.

Akan tetapi, kejadian ini niscaya tetap menimbulkan kekhawatiran. Bagaimana tidak jika hotel bintang lima, yang harusnya nyaman dan aman, saja sampai bisa diusili tangan-tangan jahil.

0 komentar: